√ Ciri Ciri Psikopat Yang Perlu Diketahui, Dari Cara Berbicara Hingga Bertindak --> -->

Advertisement

Ciri Ciri Psikopat Yang Perlu Diketahui, Dari Cara Berbicara Hingga Bertindak

Senin, 18 Maret 2019

Ad1

Ad2

Ciri Ciri Psikopat Yang Perlu Diketahui, Dari Cara Berbicara Hingga Bertindak

Anda mungkin sering sekali mendengar istilah psikopat atau bahkan anda sering menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Istilah psikopat tidak hanya sering digunakan dalam film semata untuk media hiburan saja. Namun Psikopat benar-benar terjadi di sekitar Anda, entah itu orang jauh maupun dekat, atau mungkin juga ada di dalam diri Anda sendiri.

Istilah psikopat mulai digunakan sekitar pada tahun 1900 silam. Awalnya, para peneliti sempat menggantinya dengan istilah sosiopat. Akan tetapi, sosiopat rupanya tidak memiliki dampak seburuk psikopat sehingga peneliti kembali menggunakan istilah psikopat tersebut.

MENGENAL PSIKOPAT

Ciri Ciri Psikopat Yang Perlu Diketahui

Berdasarkan penelitian, individu dengan sifat psikopat, mereka sering menggunakan kepribadian palsu untuk berinteraksi dengan orang lain. Dan Terkadang, mereka menggunakan 'topeng' untuk berkamuflase dengan lingkungan sekitar, dan salah satunya ketika mereka sedang berada di dalam forum diskusi.

Ternyata, sebanyak 5% dari populasi di dunia ini mempunyai tendensi menjadi seorang psikopat. Mungkin Anda tidak pernah menyadari, bahwa psikopat ada di sekitar Anda. Misalnya di kampus, kantor, atau orang yang duduk bersebelahan dengan Anda di angkot menuju tempat kerja Anda.

Baca Juga: LOWONGAN KERJA 2019, SMP/SMA/S1

Seseorang yang menjengkelkan atau perundung belum tentu termasuk dalam kategori psikopat itu. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi sehingga seseorang bisa dikategorikan mengidap kelainan jiwa tersebut (psikopat), demikian seperti yang telah dijelaskan oleh Hare Psychopathy Checklist. Terlebih lagi, psikopat sendiri tidak sama dengan gila, sebab penderitanya menyadari sepenuhnya perbuatan yang telah dilakukannya. Berikut ini adalah ciri ciri psikopat yang perlu anda ketahui.

CIRI CIRI PSIKOPAT

Ciri Ciri Psikopat Yang Perlu Diketahui, Dari Cara Berbicara Hingga Bertindak

1. Gerak-gerik Aneh

Ciri-ciri psikopat yang paling utama dan yang paling sering ditemukan ialah gerak-gerik yang aneh. Menurut psikolog Robert Hare, beberapa tanda masalah perilaku awal meliputi kecurangan, kebohongan, pencurian, pembakaran dengan sengaja, bolos sekolah, vandalisme, penyalahgunaan narkoba, dan atau dewasa sebelum waktunya.

Para peneliti telah mengungkapkan bahwa lobus depan otak milik seorang psikopat kurang berkembang. Padahal, bagian itu merupakan bagian otak yang mengendalikan pemikiran tingkat tinggi dan juga beberapa aspek kecerdasan.

2. Manipulator

Psikopat ialah master dari tiga hal yaitu manipulasi, defleksi, dan juga tipuan, yang semuanya membantu mereka mempertahankan untuk selalu menjadi posisi yang nomor satu.

Psikopat sangat sering menipu hanya untuk mendapatkan respons emosional dari lingkungan sekitarnya. Meskipun sering ketahuan berbohong, seorang psikopat tidak akan pernah menyesal dan cenderung akan melakukan hal yang sama secara berulang ulang.

3. Pembohong Ulung

Ciri-ciri psikopat yang ketiga berupa sifatnya sebagai pembohong yang ulung dan sangat lihai memutar balikkan kata. Apabila seorang psikopat mulai berbohong, mereka tidak dapat dan tidak mau berhenti. Tidak seperti orang normal, psikopat tidak peduli apabila kebohongan mereka diketahui karena mereka dapat berbohong lagi untuk menutupinya

4. Tidak Punya Hati Nurani

Kemampuan seorang psikopat untuk berempati, penyesalan, punya rasa bersalah, simpati, belasungkawa,  dan rasa kasihan semuanya tampak terbatas pada diri mereka. Seorang psikopat cenderung mengalami kesulitan untuk bertanggung jawab, dan juga sering menyalahkan orang lain.

Para psikopat cenderung sibuk dengan diri sendiri dan memiliki kesulitan mengerti perspektif orang lain. Selain itu, psikopat juga mungkin melanggar hak orang lain, terutama untuk keuntungan dirinya sendiri.

Baca Juga: Cara Nonton Film Terbaru Lewat Aplikasi GRATIS

5. Pesona Palsu

Pada awal menjalin hubungan, baik sebagai seorang kekasih ataupun teman, seorang psikopat akan membuat diri mereka akan menjadi seseorang yang menawan dan menarik.

Psikopat akan mengajak calon korbanya untuk berbincang tentang hal kecil yang indah, dan juga akan memberikan komentar cerdas dan baik terhadap suatu masalah, dan juga kisah fantastis yang akan membuat Anda kagum pada dirinya. Hal inilah yang disebut dengan pesona palsu sebagai ciri-ciri psikopat tersebut.

6. Motif dan Niat Sadis

Andrew Faas, penulis buku The Bully's Trap juga telah mengungkapkan bahwa tanda yang paling menonjol dari seorang psikopat ialah sifat sadis mereka. Seorang psikopat dapat memotivasi orang lain melalui rasa takutnya, dan juga mereka berniat untuk menghancurkan daripada membetulkan.

7. Kepercayaan Diri yang Tinggi

Banyak orang bermasalah dengan kepercayaan diri mereka. Di sisi lain, ciri-ciri psikopat bisa diidentifikasi dengan kepercayaan diri mereka yang cenderung sangat tinggi. Hal ini telah diungkapkan oleh Dr. William Hirstein pada laman Psychology Today.

8. Temperamen Menakutkan

Ciri-ciri psikopat selanjutnya ialah bahwa psikopat sangat mudah marah. Hal-hal kecil dan sederhana bisa memicu emosi mereka. Seorang psikopat suka menyakiti hewan peliharaannya, atau bahkan seringkali melakukan penyiksaan hingga menyebabkan kematian.

Contoh perilaku bersifat psikopati terhadap binatang/ hewan seperti memukul, membakar hidup-hidup, atau membunuh kucing, kuda, anjing, atau hewan-hewan lain yang lazimnya bukan untuk diburu.

9. Sensasional dan Kontroversial

Psikopat sangat menyukai aktivitas yg memiliki unsur bahaya fisik, atau sesuatu yang ilegal misalnya kejahatan. Hal ini mereka lakukan karena psikopat cenderung memiliki sedikit sekali kepedulian terhadap dirinya sendiri dan keselamatan orang lain. Mereka akan selalu berusaha  meyakinkan orang di sekitarnya untuk terlibat dalam perilaku berisiko.

Demikianlan penjelasan mengenai ciri ciri psikopat yang anda ketahui agar anda terhindar dari tindak kejahatan, psikopat memiliki bicara yang dapat memikat orang lain, jadi hati-hatilah dalam bergaul apalagi baru yang anda kenal.