√ Cara Merawat dan Menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) Untuk Memadamkan Api -->

Advertisement

Cara Merawat dan Menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) Untuk Memadamkan Api

Jumat, 22 Maret 2019

Ad1

Ad2

Cara Merawat dan Menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) Untuk Memadamkan Api

Api merupakan suatu reaksi kimia (oksidasi) cepat yang terbentuk dari 3 unsur, antara lain udara, panas, dan bahan bakar yang menimbulkan atau yang menghasilkan panas dan cahaya. Tentunya untuk menjaga keamanan dan perlindungan, di setiap gedung-gedung pastinya telah dipasang dengan yang namanya Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang harus selalu siap digunakan. Maka dari itu pengecekan terhadap APAR harus rutin dilakukan.

Sebelum kita membahas tata cara mematikan api menggunakan APAR alangkah baiknya bila kita mengenal dan mengetahui tentang alat pemadam api ringan ini terlebih dahulu, agar kita lebih paham dengan cara merawat dan menggunakan APAR tersebut

Alat Pemadam Api Ringan atau yang sering kita sebut APAR merupakan suatu jenis alat pemadam kebakaran ringan dalam bentuk portable. Alat ini bisa kita jumpai di setiap gedung-gedung pemerintah maupun gedung milik swasta atau mungkin bisa kita jumpai di rumah rumah yang memang kehadirannya sangat diwajibkan demi keamanan dan keselamatan banyak orang, apabila sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

APAR diciptakan bertujuan untuk mencegah tersebarnya api sekaligus untuk memadamkan ketika tiba-tiba terjadi kebakaran, oleh karena itu keberadaan APAR harus selalu dalam keadaan siap digunakan kapan pun dan dalam kondisi apapun. Maka dari itulah, pengecekan APAR secara rutin wajib dilakukan. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan mengenai cara mengecek APAR.

Cara Mengecek Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Cara Mengecek Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Cara mengecek alat pemadam api ringan tidak sembarang dilakukan karana cara pengecekan harus sesuai panduan yang telah ditetap maka dari itu kita harus memperhatikan cara mengecek alat pemadam api ringan yang tepat. Sebab pengecekan ini bukan hanya sekedar mengisi checklist pada tabung APAR. Cara mengecek APAR dapat dilakukan secara manual maupun melalui layanan pengecekan APAR. Berikut ini merupakan panduan tepat cara mengecek alat pemadam api ringan.

  • Memeriksa kondisi tekanan pada tabung APAR silahkan Pastikan jarum pada manometer menunjukkan angka 15-20 (zona hijau). Untuk APAR tipe cartridge, cara mengecek yang benar ialah dengan membuka threaded pada leher tabung kemudian periksa segelnya. Apabila masih utuh, pasang kembali seperti semula.
cara mengecek kondisi segel tabung apar

  • Apabila segel telah terlepas ataupun putus karena khawatir telah digunakan, dan untuk memastikannya dengan cara membuka selang valve. Apabila terdapat bekas serbuk APAR pada selang valve, itu pertanda APAR sudah pernah digunakan. Apabila hal tersebut terjadi, maka segera ganti dengan tabung APAR yang baru.

cara membuka selang valve tabung apar

  • Pastikan kondisi fisik tabung dalam keadaan baik dan bersih. Yang artinya bahwa tidak ada karat maupun keropos baik pada dasar tabung maupun leher tabungnya. Apabila terdapat tanda-tanda tersebut, maka segera ganti dengan yang baru. Namun jika kondisi tabung dalam keadaan baik, maka cukup dengan mengelap saja.

kondisi fisik tabung pemadam kebakaran dalam keadaan baik dan bersih

  • Cara mengecek APAR yang paling penting ialah pada kondisi selangnya. karena APAR jarang digunakan dan yang sering terjadi selang APAR menjadi sarang laba-laba atau sarang tawon. Sehingga untuk membersihkan selang APAR kita memerlukan kawat kecil kemudian masukan ke dalam lubang selang.

mengecek selang APAR

  • Sedangkan masalah yang paling bahaya adalah pada zat kimia yang terkandung di dalam tabung APAR. Apabila zat ini sampai membeku, segera lakukan penanganan dengan mengganti yang baru. Pembekuan ini bisa terjadi karena tabung diletakkan di tempat yang salah seperti di area yang terkena matahari langsung atau juga terlalu lembab.

Setelah kita membahas tentang definisi API dan Cara merawat APAR sekarang kita membahas ketahap selanjutnya yaitu cara menggunakan APAR yang tepat.

Sebenarnya prosedur penggunaan APAR sudah tertulis pada setiap tabung pemadam kebakaran yang kita beli, namun banyak pembeli tabung pemadam api yang kurang memperhatikan hal tersebut. Sehingga saat kebakaran terjadi, kebingungan mencari instruksi cara penggunaannya. karena bila kita salah dalam menggunakan APAR maka sangat berbahaya bagi diri sendiri maupun orang lain.

Langkah-langkah dan Cara Menggunakan APAR

Cara menggunakan APAR memang harus dipahami terlebih dahulu sebelum kita menggunkan alat tersebut. Apabila Anda tidak tahu bagaimana cara menggunakan APAR, silahkan perhatikan tutorial berikut ini.

  1. Tarik kunci pengaman atau segel.
  2. Pegang bagian ujung selang, kemudian arahkan ujung selang ke sumber api.
  3. Lalu Tekan tuas.
  4. Selanjutnya Kibaskan ujung selang pada sumber api secara perlahan hingga api padam


Cara menggunakan APAR di atas adalah acuan standar bagaimana cara menggunakan alat pemadam api tersebut, dan untuk lebih jelasnya ada juga bisa melihat video cara mematikan api menggunakan APAR dibawah ini.



Dari pengalaman banyak pengguna yang sering menggunakan APAR dengan cara yang salah meski sudah terdapat panduan penggunaan di dalam tabung kebakaran tersebut.

Kesalahan Cara Menggunakan APAR Yang Sering Dilakukan

Berikut adalah kesalahan-kesalahan dalam menggunakan APAR:

  • Kesalahan Pertama Cara Menggunakan Apar ialah disaat mengambil alat pemadam kebakaran di bawa dengan cara menenteng tabung. Cara seperti ini akan membuat diri kita kelelahan, apabila jarak antara posisi APAR dengan sumber api jaraknya jauh, apalagi bila ukuran tabung yang dibawa memiliki berat 6 kg ke atas.

  • Lantas bagaimana cara membawa tabung APAR yang berisi media CO2 dengan kapasitas 6,8 kg yang bentuk silindernya panjang? Anda yang memiliki tinggi badan 160 cm akan kesulitan apabila membawa APAR CO2 6,8 kg dengan cara ditenteng. maka dari itu pakailah troli seperti pada gambar dibawah ini.



  • Kesalahan Kedua Cara Menggunakan APAR ialah disaat Menarik segel akan menjadi sangat sulit Apabila Anda tidak memahami bagaimana cara melepaskan segel dengan benar. Kesalahan yang sering terjadi ialah disaat Anda menarik segel Anda juga menekan tuas sehingga pin segel terjepit. Dalam kondisi itulah segel sulit dilepas.


  • Kesalahan Ketiga Cara Menggunakan APAR ialah Cara memegang selang APAR pada bagian tengah selang disaat Anda tekan tuas APAR. Karena tekanan APAR 13 bar maka selang tersebut akan bergerak kesana kemari tidak tentu arah. Selang yang tidak terarah akan menyebabkan media pemadam tidak bisa memadamkan api secara efektif dan sangat membahaya orang di sampingnya. langkah yang benar ialah dengan pegang selang pada bagian ujung selang APAR, dan arahkan ke sumber api.


cara memegang selang apar


  • Kesalahan Keempat Cara Menggunakan Apar ialah disaat mengeksekusi kebakaran berusaha menghemat media agar tidak cepat habis dengan cara menekan tuas sedikit demi sedikit padahal cara tersebut adalah cara yang salah. langkah yang benar adalah dengan Tekan tuas sampai penuh, terus-menerus, sampai api padam.


Demikianlah Cara Merawat dan Mematikan Api Menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang benar beserta video cara memadamkan api dengan APAR, semoga dengan anda membaca tutorial ini Anda akan lebih paham dalam menjaga dan menggunakan APAR. Sekian dan trimakasih.

Berikutnya