√ Demam Berdarah Dengue ( DBD ) - Penyebab Gejala Pencegahan dan Pertolongan Pertama -->

Advertisement

Demam Berdarah Dengue ( DBD ) - Penyebab Gejala Pencegahan dan Pertolongan Pertama

Senin, 12 November 2018

Ad1

Ad2

Demam Berdarah Dengue ( DBD ) - Penyebab  Gejala Pencegahan dan Pertolongan Pertama

PEMUDABERSATU.COMDemam Berdarah adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh Virus. Dikenal bermacam-macam jenis virus penyebab penyakit demam berdarah, tetapi di Indonesia hanya terdapat 2 jenis viris penyebab demam berdarah, yaitu virus fengue dan virus chikungunya. Diantara kedua jenis virus yang terdapat di Negri kita. Virus dengue merupakan penyebab terpenting dari demam berdarah. Maka dari itu, penyakit demam berdarah yang sudah kita  kenal,  bernama demam berdarah dengue, sesuai dengan nama virus penyebab.

Penyebab dan Gejala Penyakit DBD


Penyebab dan Gejala Penyakit DBD

Virus Dengue sebagai penyebab demam berdarah dengue, merupakan mikroorganisme yang sangat kecil yang dapat diliat dengan mikroorganisme elektron, Virus hanya dapat hidup didalam sel hidup, maka demi kelangsungan hidupnya, virus harus bersaing dengan sel manusia yang ditempati terutama untuk kebutuhan protein, apabila daya tahan tubuh seseorang yang terkena Infeksi virus tersebut rendah, maka sel jaringan akan semakin rusak, bila virus itu berkembang banyak. Dan Jika fungsi organ tubuh tersebut baik, maka akan sembuh dan timbul kekebalan terhadap virus dengue yang pernah masuk kedalam tubuhnya,.

Penyebab Demam Berdarah


Penyakit Demam Berdarah Dengue, dapat mengenai seseorang melalui sebuah gigitan nyamuk aedes aegypti. Faktor Penyebab penyakit DBD ini adalah dari gigitan nyamuk betina, Nyamuk yang menularkan penyakit adalah nyamuk betina, nyamuk betina memerlukan darah manusia atau binatang,  untuk hidup dan berkembang biak.  Cara hidup nyamuk terutama nyamuk betina yang menggigit pada pagi dan siang hari, kiranya menjadi sebab mengapa anak balita mudah terserang Demam Berdarah. Nyamuk Aedes sangat menyenangi tempat teduh , terlindung matahari dan berbau manusia, oleh karena itu balita yang masih membutuhkan tidur pagi dan siang hari, sering kali menjadi sasaran gigitan Nyamuk.

Gejala Demam Berdarah


Gejala Klinis Demam Berdarah Dengue pada awal penyakit, dapat menyerupai penyakit lainnya seperti radang tenggorokan, campak dan tifus. Gejala yang membedakan satu dengan yang lainnya adalah.

1. Demam.
  • Demam pada penyakit Demam Berdarah , ini secara mendadak dan berkisar antara 38.5 sampai 40 derajat Celsius, Pada Anak-anak terjadi peningkatan suhu yang mendadak, pagi hari, anak anak masih dapat sekolah dan bermain, mendadak sore harinya mengeluh demam tinggi.

2. Lesu.
  • Disamping Penderita Demam Berdarah mengalami demam tinggi dan mendadak, penderita Demam Berdarah Dengue,  juga akan mengeluh atau terlihat lesu dan lemah.

3. Nyeri Perut.
  • Nyeri Perut merupakan gejala yang penting pada Demam Berdarah Dengue, nyeri perut dapat dirasakan didaerah ulu hati dan daerah dibawah lengkung iga sebelah kanan.

4. Tanda Pendarahan.
  • Pada awal penyakit Demam Berdarah Dengue, tanda pendarahan yang terjadi adalah pendarahan yang tergolong ringan. Pendarahan kulit merupakan pendarahan yang terbanyak ditemukan, bintik kemerahan sebesaar ujung jarum pentul menyerupai bintik gigitan nyamuk.

5. Gejala Lain.
  • Seorang anak yang mempunyai riwayat kejang bila demam pada saat demam tinggi dapat terjadi kejang, walaupun harus dipikirkan juga adanya infeksi lain seperti Radang Otak atau Selaput Otak, terutama bila anak setelah kejang tidak sadar kembali.

Artikel Terkait : Cara Mendeteksi Penyakit Anak Melalui Lidah dan Kentut Anak

Selain gejala diatas , terdapat juga gejal lanjutan pada penderita Demam Berdarah ini, Gejala lanjutan ini terjadi pada hari sakit ke 3 - 5 , yang merupakan saat-saat berbahaya pada penyakit Demam Berdarah Dengue, Suhu badan akan turun, jadi seolah-olah anak sembuh karena tidak demam lagi, yang perlu diperhatikan dalan hal ini adalah, melihat tingkah laku si anak. apabila demam menghilang, anak tampak segar dan mau bermain serta mau makan/minum , biasanya termasuk Demam Berdarah Dengue ringan, tetapi apapbila demam menghilang, namun anak bertambah lemah, ingin tidur dan tidak mau makan minum apapun, apalagi disertai nyeri, ini merupak tanda awal terjadinya shock.

Pertolongan Kepada Penderita Demam Berdarah


Pertolongan Kepada Penderita Demam Berdarah

Orang yang terkena penyakit dbd tentunya harus segera dilakukan pertolongan, karena apabila kita terlambat memberikan pertolongan makan akan memperburuk keadaan penderita, lebih parahnya lagi penderita dapat meninggal dunia.

Pertolongan Pertama Pada Penderita


Berikanlah minum kira-kira 2 Liter ( 8 Gelas ) dalam satu hari atau 3 senok makan setiap 15 menit, Minumlah yang diberikan sesuai selera anak, misalanya air putih, air teh manis, sirup , sari buah, susu, agar anak mau minum sebanyak-banyaknya, dengan memberikan minum banyak, diharapkan cairan dalam tubuh tetap stabil, untuk memantau bahwa cairan tidak kurang, perhatikan kencing anak, apabila anak banyak buang air kecil, minimal 6 kali dalam sehari, berarti jumlah cairan yang dimunum anak mencukupi. Dengan setelah memberi pertolongan pertama pada penderita Demam Berdarah , sesegera mungkin si penderita Demam Berdarah di bawa ke rumah sakit, untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Perlu diingat , apabila anda mengantar anak berobat ke rumah sakit, segera beritahu kepada perawat /Dokter bahwa anak ini , kemungkinan menderita Demam Berdarah, Pemberitahuan ini disampaikan agar mendapat pertolongan lebih cepat, Penderita Demam Berdarah dalam keadaan Kegawatan memperlukan perawatan segera, makin cepat ditolong, makin besar kemungkinan untuk sembuh kembali.

Pencegahan Penyakit Demam Berdarah


Pencegahan Penyakit Demam Berdarah  Mencangkup Hal-hal Berikut ini:


  • Pemberantasan nyamuk Aedes aegypti induk beserta telurnya.
  • Terhadap diri kita yaitu memperkuat daya tahan tubuh dan melindungi dari gigitan nyamuk
  • Mengubah perilaku hidup sehat dilingkungan sekitar agar menyadari pentingnya kesehatan lingkungan.

Cara Memberantas Jenis Nyamuk dilakukan dengan cara:

  • Menguras Bak Mandi seminggu sekali, bila perlu tiga hari sekali.
  • Menutup semua penyimpanan air secara rapat-rapat.
  • Mengkubur kaleng. ban bekas atau sebagainya.
  • Kebiasan-kebiasan seperti mengganti dan memberihkan tempat minum burung setiap hari atau mengganti dan membersihkan vas bunga, sering kali dilupakan .Kebersihan diluar rumah seperti membersihkan tanaman yang berpelepeh dari tampungan air hujan secara teratur atau menanam ikan pada kolam yang sulit dikuras, dapat mengurangi sarang nyamuk yang mengakibatkan penyakit Demam Berdarah.

Untuk Memperantas Nyamuk Dewasa agar kita terhindar dari penyakit Demam Berdarah , upayakan membersihkan tempat-tempat yang disukai oleh nyamuk untuk beristirahat, hal-hal yang perlu diperhatikan.

  • Jangan Menggantung Baju Bekas Pakai, karena nyamuk menyukai bau manusia
  • Pasang kasa nyamuk pada ventilasi dan jendela rumah
  • Lindungi Bayi Ketika tidur dipagi hari dan sore
  • Perhatikan kebersihan rumah, sekolah maupun lingkungan sekitar
  • Pengasapan

Itulah ulasan mengenai Penyebab DBD, Gejala DBD Beserta Pencegahan dan pengobatan DBD. Semoga dengan anda membaca artikel ini, anda dan keluarga dapat terhindar dari penyakit demam berdarah dengue. aaminn