√ Contoh Membuat Surat Teguran Yang Benar Sesuai Job Desk -->

Advertisement

Contoh Membuat Surat Teguran Yang Benar Sesuai Job Desk

Jumat, 16 November 2018

Ad1

Ad2


Fungsi dan Contoh Membuat Surat Teguran Yang Benar Sesuai Job Desk
Fungsi dan Contoh Membuat Surat Teguran Yang Benar Sesuai Job Desk


Pengertian Surat Teguran

Surat Teguran Adalah surat peringatan atau pemberitahuan yang diberikan kepada bawahan yang telah melakukan pelanggar tata tertip perusahan.
Surat Teguran Adalah Surat yang dikeluarkan oleh kantor pajak dan diberikan kepada sesorang yang belum menyelesaikan kewajibannya sebagai wajib pajak.

Fungsi Surat Teguran

Fungsi surat teguran ini bermacam macam tergantung dari pembuat surat teguran tersebut, namun pada intinya surat Teguran Ini berfungsi sebagai pengingat bagi sipenerima surat untuk melakukan kewajiban sebagaimana mestinya.

Jenis Jenis Surat Teguran

Surat teguran ini memiliki berbagai macam macam fungsi dan bermacam macam surat teguran tergantung dari job desknya , dibawah ini akan saya berikan beberapa jenis Surat Teguran Yang sering kita liat bahkan kita dapatkan juga.

1. Surat Teguran Penagihan.

Surat teguran ini biasanya dikeluarkan dari Bank maupun Kantor Pajak, surat diberikan apabila ada nasabah yang telat membayar angsuran dari bank maupun keterlambatan membayar pajak, Surat ini bersifat segera karena penerima surat teguran ini diwajibkan segera menyelesaikan tanggung jawabnya sebagai Nasabah

2. Surat Teguran Karyawan.

Surat teguran ini dikeluarkan dari pimpinan perusahaan untuk karyawannya, surat ini keluar karena karyawan perusahaan tidak bisa melaksanakan tugas dengan baik dan yang biasa terjadi karena kedisplinan berangkat kerja dari karyawan tersebut. Surat teguran ini bersifat ancaman, antara lain akan dipindah tugaskan, diturunkan jabatannya bahkan akan di keluarkan dari perusahan apabila sering melakukan pelanggaran pelanggaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

3. Surat Teguran Siswa.

Surat yang paling sering ditrima sama anak SMK, ya surat teguran siswa ini (Saya Pernah Mengalaminya) surat ini diberikan kepada siswa yang bandel, siswa yang selalu bolos sekolah tanpa memberikan Surat Izin Tidak Masuk Sekolah, bahkan kepada siswa yang terlibat tawuran antar pelajar, surat ini bersifat peringatan keras dan apabila masih melanggar tata tertip sekolah tidak segan segan pihak sekolah mengeluarkan siswa tersebut dari data kesiswaannya.

Baca Juga Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Terbaru dan Terbaik

Contoh Surat Teguran Yang Benar

1. Contoh Surat Teguran Penagihan

Semarang, 18 November 2018

Nomor : 033/PS-06/ST/2018
Lamp. : 1 ( Satu ) Lembar

Kepada Yth.
Bapak Heru Susanto
Di-
Tempat

Perihal : Kewajiban Jatuh Tempo Pembayaran.

Menunjuk Perjanjian Kredit Kendaraan Saudara Nomor PK 056/PK/2018 Tanggal 01 Januari 2018 atas nama "HERU SUSANTO" dengan jumlah plafon kredit sebesar Rp. 14.000.000 (Empat Belas Juta Rupiah) dengan Jangka waktu 11 (sebelas) bulan, bersama ini disampaikan bahwa Saudara Heru Susanto di dalam catatan administrasi perkreditan kami, Saudara Heru Susanto belum melakukan pembayaran atas kewajiban saudara yang sudah melewati jatuh tempo, dengan rincian sebagai berikut:

Tunggakan Pokok       : Rp. 7.600.000
Tunggakan Bunga       : Rp     100.000
Denda atas Tunggaan  : Rp.    100.000
Total Kewajiban          : Rp .7.800.000
Terbilang (Tujuh Juta Delapan Ratus Ribu Rupiah)

Sehubungan dengan hal tersebut, diharapkan kepada Saudara Heru Susanto, untuk  segera melunasi seluruh kewajiban/ tunggakan  tersebut, selambat-lambatnya pada 7 hari sejak tanggal surat ini diterima, untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan, untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi petugas kami.

Demikian Surat Ini disampaikan agar menjadi perhatian saudara.

PT. Pemuda Bersatu
Kepala Bagian Kredit

Atika Balqis Azizah

2. Contoh Surat Teguran Karyawan

PT. PEMUDA BERSATU
Jalan Sriwijaya No. 135, Semarang, Jawa Tengah
Telepon : 024-767-76876, Fax : 024. 887.8789
===============================================================

SURAT TEGURAN
Nomor : IV/I11/V/I/2018
Surat Teguran ini ditujukan kepada :

Nama : Jayadi
Jabatan : Staff Keuangan
Surat Peringatan ini dikeluarkan, berdasarkan bukti yang menjelaskan bahwa Saudara Jayadi telah melakukan pelanggaran berupa :

Tindakan Disiplin terlambat masuk kerja selama lebih dari 3 (Tiga) kali dalam kurun waktu 1 (satu) minggu.

Sebagai seorang karyawan PT Pemuda Bersatu Saudara Jayadi seharusnya mampu dan bisa mentaati semua tata tertib kerja yang berlaku di perusahaan sesuai Surat Perjanjian Kerja (SPK) yang telah disepakati sebelumnya.

Tujuan Pengeluaran Surat Teguran :

Surat Teguran ini diterbitkan, sebagai pengarahan dan peringatan kepada Saudara Jayadi, agar dapat melaksanakan dengan baik tata tertib yang berlaku di dalam perusahaan.

Pemberian Sanksi :

Sehubungan dengan tindakan ketidak disiplinan Saudara Jayadi, maka Perusahan memutuskan untuk menarik kembali fasilitas yang diberikan kepada saudara Yaitu Kendaraan Inventaris Perusahaan.

Sanksi ini diberlakukan mulai berlaku tanggal 19 November 2018 sampai dengan Tangga 19 Desember 2018.

Demikian Surat Peringatan ini dibuat, agar dapat dijadikan sebagai bahan perhatian saudara dan supaya saudara segera memperbaiki kinerja sesuai aturan yang telah ditentukan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami selaku Perusahan mengucapkan terima kasih.

Semarang, 18 November 2018
Direktur Utama PT Pemuda Bersatu,

NEXT